Tuesday, January 29, 2013

Ratu Belanda Beatrix der Nederlanden Resmi Turun Tahta

Selasa (29/1/2013) pukul 01.00 WIB, Ratu Belanda Beatrix der Nederlanden resmi mengumumkan turun tahta dalam pidato singkat yang disiarkan ke seluruh jaringan televisi dan radio.

Ratu Belanda (75 tahun) berpendapat bahwa kini saatnya untuk memberi kesempatan pada generasi baru dan mengganggap Pangeran Willem-Alexander serta puteri Maxima telah siap sebagai penerus tahta Kerajaan Belanda yang sudah berusia 200 tahun.

Menurut rencana, upacara penobatan Pangeran Mahkota Willem-Alexander sebagai Raja Belanda akan berlangsung pada tanggal 30 April 2013  bertepatan dengan Koninginnedag (Hari Ratu).

Ratu Beatrix, lahir tanggal 31 Januari 1938 dengan nama asli Beatrix Wilhelmina Armgard dan naik tahta Kerajaan Belanda setelah menggantikan ibunya, Ratu Juliana, pada 30 April 1980 pada hari ulang tahunnya sendiri.

Untuk mengenang ibunda tercinta, Ratu Beatrix menetapkan hari ulang tahun Ratu Juliana yaitu tanggal 30 April, sebagai Koninginnedag (Hari Ratu), di mana seluruh rakyat Belanda baik di dalam negeri sendiri maupun di seluruh dunia ikut merayakannya. Koninginnedag (Hari Ratu) juga merupakan hari libur nasional di Belanda.

No comments:

Post a Comment