Tuesday, January 29, 2013

Kasus Narkoba di Kalangan Artis

Artikel terdahulu, Minggu (27/1/2013), Badan Narkotika Nasional (BNN), menggerebek rumah artis ngetop 'RA' di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ternyata, saat ini Badan Narkotika Nasional (BNN) telah menemukan narkoba jenis baru dalam kasus yang melibatkan RA. Zat baru tersebut masih diselidiki oleh ahli-ahli di BNN dengan menggandeng Kemenkes, Badan POM dan badan-badan terkait.

Deputi Penindakan BNN Irjen Benny Mamoto di Cawang, Jaktim, Senin (28/1/2013), mengatakan, "Kita sedang mencari referensi ke Singapura dan Amerika."

Saat ini, narkoba dihasilkan secara alami seperti narkoba dari tanaman seperti ganja dan kokain, tetapi ada bahan narkoba jenis sintetis yang terbuat dari racikan dan campuran bahan kimia yang terus mengalami perkembangan seiring kemajuan teknologi. UU narkoba di Indonesia harus cepat mengikuti perkembangan ini agar bisa mengantisipasi narkoba yang berasal dari jenis zat baru.

Badan Narkotika Nasional (BNN) sudah menyatakan ada lima dari 17 orang yang ditangkap di kediaman RA terbukti positif menggunakan narkoba dan zat baru. Setelah melakukan pemeriksaan mendalam, dua orang lagi dinyatakan positif mengonsumsi zat baru.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Granat, Henry Yosodiningrat, mengaku tidak terlalu kaget ketika ditemukan kasus narkotika di kalangan artis muda. 

"Saya sih nggak terlalu kaget ya. Mereka-mereka adalah sebagian dari 5 juta anak bangsa lain yang mengalami ketergantungan terhadap penyalahgunaan narkoba," tutur Henry di Kantor BNN, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (28/1/2013).

Walaupun tidak kaget, Henry tetap menyayangkan kenapa semua ini sampai terjadi.

"Kita menyayangkan ya. Saya anggap mereka adalah korban dari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba dan akibat dari kegagalan pemerintah mencegah penyalahgunaan," katanya.

Henry menyatakan bahwa penanganan narkoba tidak hanya gagal dalam pencegahan tetapi juga dalam penanggulangan korban yang jatuh karena tercatat ada puluhan orang yang tewas setiap hari karena kasus narkoba di Indonesia.

No comments:

Post a Comment