Friday, January 25, 2013

Kenapa Saya Menulis di Blog?

DANIASA - Ada beberapa teman yang heran dan bertanya-tanya alasan 'Kenapa Saya Menulis di Blog?'. Yah, (sebagian) teman menganggap bahwa saya melakukan pekerjaan yang sia-sia dan hanya membuang waktu saja.

Jujur, saya katakan bahwa hal 1 itu salah tetapi hal ke-2 itu mendekati kebenaran.

Saya mengganggap bahwa keisengan untuk menulis dan membuat blog bukanlah pekerjaan sia-sia yang tanpa manfaat. Saya yakin bahwa aktifitas blogging akan memaksa saya untuk rajin membaca dan selalu update informasi terbaru agar isi tulisan saya tidak dangkal dan garing.
Saya sedang melatih dan terus melatih agar otak bisa bekerja normal saat merangkai kalimat berdasarkan informasi dan data yang saya dapatkan dari berbagai sumber. Saya sih tidak ingin otak menjadi beku karena malas dipakai untuk memikirkan isi artikel terbaru yang akan diposting agar bisa menarik perhatian pembaca.

Memang benar ada beberapa program 'make money online from blog' yang bisa diikuti tetapi ya itu hanya faktor sampingan saja. Tujuan utama adalah melatih otak untuk berpikir dan mendisplinkan diri agar bisa selalu update blog dalam jangka waktu tertentu. Mungkin saja tidak bisa minimal 1 artikel per hari karena ada beberapa kesibukan dan tugas kewajiban yang harus diselesaikan. Tetapi ya jika ternyata bisa membuat 1 artikel unik per minggu maka itu sudah menjadi sebuah hal yang luar biasa karena pengunjung blog bisa menemukan dan membaca informasi terupdate yang saya share via blog secara gratis tanpa dipungut bayaran.

Nantinya ketika blog sudah ramai dan bisa menghasilkan pendapatan bagi saya ya anggap saja itu adalah bonus dan hadiah atas sebuah proses perjuangan panjang yang berjalan secara kontinyu dalan waktu lama. Wajar kan apabila ada hasil dan buah yang bisa saya petik setelah saya menanam dan merawat sebuah blog?

Jadi ya hal 1 diatas sudah saya bantah.

Kini ke hal ke-2 yaitu 'hanya membuang waktu saja'.
Jujur, benar sekali. Di saat iseng di kala waktu senggang, saya menuliskan artikel dan berusaha membuat konten unik untuk mengisi blog DANIASA ini. Menurut saya, hal ini lebih bermakna dan berguna jika dibandingkan saya mencari kesibukan lain yang mungkin saja bisa melanggar norma adat, hukum dan agama.

Kegiatan blogging (Insya Allah) akan menghindarkan saya dari kegiatan iseng yang tidak jelas ujung pangkalnya dan hanya mengejar kesenangan duniawi saja. Blogging akan membuat saya sibuk tanpa harus mengeluarkan modal biaya uang karena saya bisa memakai server hosting blog gratisan seperti blogspot ini. Murah meriah! Cukup sambungan internet maka saya bisa mengudara secara global menembus batas ruang dan waktu. Semua orang bisa ikut berkomunikasi untuk memberikan kritik dan saran dalam kolom komentar yang sudah tersedia di bawah artikel.

Bagaimana menurut anda?

No comments:

Post a Comment