Saturday, January 26, 2013

EC ITS: Mobil Listrik Buatan Mahasiswa ITS Surabaya

EC ITS (detikcom)
EC ITS (detikcom)
DANIASA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil merancang mobil listrik dengan kapasitas 4 penumpang. Saat di-launching di Gedung Rektorat ITS Jalan Sukolilo, Sabtu (26/1/2013), mobil listrik  yang masih berupa prototipe tersebut diberi nama EC ITS oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.


'EC' dibaca mirip easy (Inggris) yang artinya mudah. M Nuh ingin memberikan motivasi bahwa meracik mobil listrik adalah mudah, apalagi untuk mahasiswa ITS.

M Nuh berharap agar mobil listrik ITS, EC ITS tidak mengalami nasib seperti mobil listrik Tucuxi sehingga mobil dengan pelat nomor L 1 ITS ini harus lolos uji laboratorium terlebih dahulu sebelum masuk ke jalanan umum karena berkaitan soal keamanan serta kenyamanan bagi pemakai jalan umum lainnya.

"Saran saya, mobil listrik ini jangan diuji coba di jalan umum, itu public space, ruang publik," kata M Nuh.

Kepala Laboratorium Sistem dan Otomasi Industri ITS Nur Yuniarto mengatakan bahwa mobil listrik yang menghabiskan dana pengembangan hampir Rp 500 juta ini merupakan prototipe untuk platform riset bukan untuk tujuan komersial.

Saat ini ITS sedang proses pengembangan mobil listriknya yang sudah memasuki tahap tes sehingga diharapkan dalam 3 tahun mendatang mobil listrik ITS bisa diterima di masyarakat.

Referensi + Image : detikcom

No comments:

Post a Comment